Oleh:
Nanang
Sutrisno
Pendahuluan
Laju perubahan
dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat pada era
modern ini perlu direspon oleh kinerja pendidikan yang profesional dan
berkualitas. Mutu pendidikan yang demikian menjadi kebutuhan yang sangat
diperlukan untuk mendukung terbentuknya insan-insan yang cerdas secara
komprehensif dan mampu bersaing secara terbuka di era global. Dalam hal itu
kinerja pendidikan menuntut adanya pembenahan dan penyempurnaan terhadap aspek
substansif yang mendukungnya, yaitu kurikulum, guru, dan individu yang dibentuk
untuk menjadi produk pendidikan yaitu siswa. Aktualisasi pembenahan aspek-aspek
pendidikan menuntut siswa untuk mampu melakukan dekonstruksi terhadap cara
belajar yang selama ini dilakukan dengan cara tradisional yang kurang efektif,
sehingga dibutuhkan sebuah strategi belajar baru yang mampu menunjang peserta
didik untuk meraih prestasi yang optimal.